Cara Mempercepat Koneksi Modem

  • View
    199

  • Download
    0

Embed Size (px)

Text of Cara Mempercepat Koneksi Modem

CARA MEMPERCEPAT KONEKSI MODEM

Cara/Trik mempercepat koneksi Internet ModemSetelah beberapa waktu ngga ngisi blog karena kesibukan, akhir bisa juga ada waktu luang, kali ini saya berikan cara atau trick untuk mempercepat/ memaksimalkan kinerja sebuah modem, kan lumayan dengan biaya paket modem yang minimal bisa dapet hasil yang maksimal (masa di iklanny Up to 3,1 Mbps cuman dapet 95Kbps doank , ga asik), langsung saja dari pada kebanyakan prolog dan basa-basi nya mending langsung aja ke TKP (Tempat Kerja Praktek). # Siapkan peralatan yang dibutuhkan: 1. Sebuah Modem (merupakan alat yang wajib ada, kalau ga ada ya ga bisa internetan :), untuk Kartu yang digunakan terserah..disini saya pakai modem Sm***Fr***.

2. Dua buah keping CD/DVD, baru atau udah kepakai sama aja yang penting ada lapisan mengkilatnya.

3. Lilitan kawat tembaga atau kalau mentok ga ada ya kabel digulung. (semakin banyak jumlah lilitan semakin baik, hmmm...jadi inget jaman SD kelas 6 dulu ngebuat magnet listrik pake gulungan kawat).

4. Kaleng bekas, bisa bekas tempat minuman soda, biskuit, pengharum ruangan atau apa aja yang penting terbuat dari seng atau aluminium lebih

besar lebih bagus(infonya yang saya dapet dari mbah google malah ada yang pake tutup panci dan bahkan wajan, tentunya ribet n lumayan makan tempat... :P )

# Setelah peralatan lengkap semua rakit sesuai dengan gambar.

# Selesai di rakit tinggal di test, ini hasil test dari modem Sm***Fr*** saya, Menggunakan Speedytest: Sebelum;

Sesudah;

Menggunakan Speedtest.net Sebelum;

Sesudah;

Antena Penguat Sinyal Wifi dan MODEM HSDPA/GSM/CDMA bikinan Sendiri

12 Votes

abis blogwalking ama ngaskus, gw nemu banyak artikel soal pembuatan Antena Penguat Sinyal , emang kreatif deh orang Indonesia, barang2 dapur yang udah gak kepake bisa

alih fungsi jadi antena yang berguna gak percaya, cek dis out gambar2 dibawah

yang ini paling mudah, tutup panci doank haha

tutup panci emang jadi primadona

klo tadi tutupnya sekrang pancinya haha

yang ini pake loyang kue sama kaleng bekas semprotan nyamuk

pake kaleng bekas susu dibungkus alumunium foil

22 April 2012 ~ 8 Komentar

Membuat Sendiri Antena Modem Menggunakan Kaleng BekasArtikel kali ini sangat cocok bagi anda yang suka kreatif dan banyak akal. Suka memanfaatkan barang-barang yang sudah tidak terpakai untuk dijadikan barang yang lebih berguna. Berguna untuk apa? Yang pasti masih ada hubungannya seputar modem atau internet. Bagi pemilik modem internet salah satu hal yang wajib diperhatikan adalah kualitas sinyal. Sinyal yang naik turun alias tidak stabil sangat berpengaruh dengan kecepatan internet yang anda dapatkan. Malahan sinyal yang sering turun naik ini bisa menyebabkan modem cepat panas dan ujung-unjungnya tetap speed menjadi lemot. Beberapa bulan yang lalu saya sempat membuat artikel tentang 4 alat untuk menambah sinyal modem, salah satu alat yang digunakan diantaranya adalah Antena modem. Antena modem atau antena yagi adalah salah satu alat yang digunakan untuk meningkatkan sinyal modem, juga untuk lebih menstabilkan penangkapan sinyal modem. Sudah saya buktikan sendiri menggunakan Antena yagi penangkapan dan juga kecepatan internet akan semakin bertambah. Nah, masalahnya saat ini harga Antena modem tersebut tidak murah, apalagi jika anda pesan di luar kota. Mungkin harga ongkos kirim dibandingkan harga antena modemnya sendiri malah mahal ongkos kirimnya. Karena antena modem ini bukan termasuk barang yang kecil dan juga rawan rusak saat pengiriman. Bagi anda yang masih terbentur dengan dana untuk mendapatkan sebuah antena modem, anda tidak perlu khawatir. Anda bisa membuat sendiri antena modem menggunakan barangbarang bekas di sekitar anda. Barang-barang yang bisa anda gunakan di sini intinya adalah barang yang bisa digunakan sebagai reflektor untuk memfokuskan penerimaan sinyal modem di satu titik saja. Salah satu contoh barang bekas tersebut adalah kaleng. Nah, di sini kita akan memanfaatkan kaleng bekas untuk disulap menjadi sebuah antena modem. Untuk langkah-langkah membuat antena modem menggunakan kaleng bekas adalah sebagai berikut.

1. Siapkan kaleng bekas, misal kaleng biskuit, kaleng bekas soft drink, bekas kopi, dan lainlain

2. Ukur letak lubang untuk tempat modem. Jika modem anda bekerja di frekuensi 800 Mhz maka jarak lubang modem ke dasar kaleng adalah 1 1,5 inchi. Untuk modem dengan frekuensi 1900 Mhz jarak lubang ke dasar kaleng adalah 2 3,4 inchi. Cara mengetahui modem anda bekerja di frekuensi 800 Mhz atau 1900 Mhz sudah saya posting DI SINI.

3. Lubangi kaleng dengan bor yang sudah anda tentukan di titik mana kaleng akan di bor pada langkah nomor 2 di atas. Buat beberapa lubang agar mudah untuk dipotong.

4. Potong lubang yang sudah dibor tadi menggunakan gunting, sampai lebar tertentu. Lebar lubang disesuaikan dengan modem anda agar modem bisa masuk ke lubang. Kemudian haluskan potongan anda menggunakan kikir atau sejenisnya.

5. Tutup atau lapisi lubang modem yang telah anda buat menggunakan isolasi yang agak tebal kemudian lubangi isolasi sesuai lebar modem.

6. Masukkan modem ke lubang. Fungsi isolasi tadi sebenarnya agar modem bisa masuk pas di lubang dan tidak akan lepas saat dibiarkan, jadi biar lubangnya keset (jangan porno).

7. Setelah ini anda tinggal memasang USB ekstender kemudian tinggal taruh kaleng pada tiang yang tinggi. Arahkan kaleng ke BTS terdekat. Jangan lupa menggunakan software QXDM dan QPST untuk pointing antena anda.

Demikian tutorial singkat membuat antena modem menggunakan kaleng bekas. Semua jenis kaleng bekas bisa anda manfaatkan, tergantung kreatifitas anda sampai di mana. Nah, berhubung ini hanya memanfaatkan barang-barang bekas jadi hasilnya ya tidak semaksimal anda menggunakan Antena yagi yang dijual mahal itu. Bukan hanya kaleng saja yang bisa dijadikan antena modem, masih banyak barang-barang bekas lain yang bisa anda manfaatkan. Tapi kalau anda tidak mau susah ya beli langsung Antena yagi.