Pendudukan Jepang Di Indonesia New (Revisi)

  • View
    54

  • Download
    1

Embed Size (px)

DESCRIPTION

Pendudukan Jepang Di Indonesia

Text of Pendudukan Jepang Di Indonesia New (Revisi)

  • 5/27/2018 Pendudukan Jepang Di Indonesia New (Revisi)

    1/21

    Pendudukan Jepang di Indonesia

    Pecahnya perang dunia kedua memberi dampak cukup besar untuk Indonesia. Salah

    satu dampaknya adalah pergantian penjajah Indonesia, dari Belanda ke Jepang. Hal itu

    memberi sebuah kesan berbeda bagi rakyat Indonesia dalam perjuangannya mencapai

    kemerdekaan.

    Hal tersebut berawal ketika Jepang telah memodernisasi negaranya menjadi negara

    Industri modern yang sangat membutuhkan bahan mentah untuk memenuhi kebutuhan industri.

    Tenno Heiji !Penasihat, negara kita sudah berkembang dengan pesat. Industri kita juga

    meningkat, tetapi kita kekurangan bahan mentah.

    Penasihat !"a, #aisar.$

    Tenno %eiji !#alau begini terus kita&&.$

    Penasihat 'menyela( !"a, #aisar,$

    Tenno %eiji !Tunggu dulu)))$

    Penasihat !%aa*, maa* #aisar$

    Tenno %eiji !+pa yang sebaiknya kita lakukan..$

    Penasihat !%enurut saya&$

    Tenno %eiji !Bagus sekali))$

    Penasihat !Belum #aisar, lebih baik kita jajah daerah yang berpotensial baik menanam

    bahan mentah.$

    Tenno %eiji !Saranmu ada benarnya...$

    Penasihat !Hohohoho&$

    Tenno %eiji !#enapa kamu tertawa$

    Penasihat !-h, maa*kan saya, #aisar. Saya hanya kegirangan karena kita akan menjajah

    egara lain./

    Tenno %eiji !#amu girang kenapa Seperti tante girang saja.$

    Penasihat !Saya girang karena jika kita berhasil menjajah egara lain, pasti kita akan

    tambah sukses. Berarti gaji saya bisa naik dan mungkin juga bisa naik pangkat

    menggantikan #aisar. Hohoho.$

    Tenno %eiji !Beraninya kamu)) 0ancang sekali)) +pa kamu mau harakiri$

    1

  • 5/27/2018 Pendudukan Jepang Di Indonesia New (Revisi)

    2/21

    Penasihat !%a..maa*kan saya, #aisar. %aa* saya lancang. %aa*.$ 'sambil berlutut(

    Tenno %eiji !Huh, baiklah. #ali ini saya maa* kan) Sekarang, silahkan kamu kembali ke

    habitatmu)$

    Penasihat !Ba&baiklah. Terima kasih, #aisar.$

    Setelah itu, akhirnya Jepang sepakat untuk menjajah suatu egara yang kaya akan

    bahan mentah, yaitu Indonesia.

    Jepang menguasai Indonesia

    Pada tanggal 2 %aret 1345, Jepang memutuskan untuk mengirim Jenderal Imamura untuk

    menguasai Indonesia.

    Imamura +h, sial) Bagaimana caranya mendapatkan Indonesia, kalau begitu saya

    sholat tahajud dulu.

    'Setelah Shalat tahajud(

    6Triing))

    Imamura +h, akhirnya pikiran ku terbuka juga. +ku harus berdiskusi dengan pihak

    yang memiliki Indonesia.

    '+khirnya Imamura mengirim sebuah telegram kepada pihak Belanda melalui seorang inja(

    inja +pakah +nda adalah ketua disini

    Stachouwer Betul, saya pemimpin disini)

    inja +da, sebuah telegram untuk anda dari pihak Jepang) +pa anda mau

    mendengar nya

    Stachou7er Baiklah, saya minta dinyanyikan dengan lagu 8undul9gundul Pacul.

    inja hai, begini isinya . . .

    !#epada Pihak Belanda, kami dari pihak Jepang ingin mengadakan pertemuan

    dengan pihak anda, adapun yang dibahas adalah mengenai kekuasaan

    Indonesia, selesai.$ 'menyanyikan dengan lagu gundul9gundul pacul(

    Stachouwer Indah, sekali'terharu mendengar merdunya suara sang ninja(. #alau begitu,sampaikan pada atasanmu. Besok, kita bertemu di #alijati, Subang.

    #eesokan harinya di #alijati, Subang.

    Stacho +pa kau pemimpin Jepang yang mengirim ninja itu, nyanyian indah

    sekali.

    Imamura Hohoho, dia adalah konkaku terbaik di Jepang. Hahahha

    5

  • 5/27/2018 Pendudukan Jepang Di Indonesia New (Revisi)

    3/21

    Stacho Pantas begitu hebat. +ku terharu.

    Imamura "a, sudah. +ku akan memberi mu suatu penawaran, bagaimana

    Stacho +h, penawaran apa

    Imamura Begini, kalau kau menang, kau kuberi bantuan tak berhingga untuknegara mu, tapi kalau kau kalah, aku minta seluruh Indonesia. Hahaha,

    bagaimana

    Stacho Tapi, tapi.. uukh..

    Imamura Baiklah, walau pun kau kalah, akan kuberi salah satu konkaku terbaik

    kami untuk kalian.

    Stacho Baiklah..

    +khirnya, mereka pun melakukan duel bendera. :uel sengit tersebut dimenangkan oleh

    pihak Jepang. Tapi, pihak belanda pun tidak kecewa karena memiliki penghibur yang sangat

    hebat.

    Jepang yang menamakan bangsa dan negaranya !ippon$ berusaha untuk meyakinkan

    para rakyat Indonesia agar mau mendukung organisasi9organisasi yang dibangun oleh Jepang.

    Hal ini dikarenakan Jepang ingin mengambil kepercayaan Indonesia agar bisa menguasai

    Indonesia dengan dalih9dalih akan melindungi Indonesia dari sekutu.

    Prajurit 1.; aranya adalah dengan membuat organisasi9organisasi Jepang yang

    akan memerintah serta memimpin di Indonesia. Bagaimana$

    =akyat I !?mangnye organisasinye ape aje$

    Prajurit 1.; !0umayan banyak. +da Seinendan, #eibodan, @ujinkai, 8akutotai, Jawa

    Hokokai, dan Suishintai.$

    =akyat I !Aaduh, ribet amet yak +ye kagak ngerti dah tuh. +paan td Pujikinjay

    yak$

    Prajurit 1.; !Bukan)))) Tapi @ujikinjay& ?h, salah. @ujinkai)))$

    =akyat I !Halah, aye bingung) Terserah situ aja dah)$

    Prajurit 1.; !Hu*h, baiklah. Jadi bagaimana #alian setuju dengan adanya organisasi

    ini$

    =akyat !"+))))))$

    Prajurit 1.; [email protected] *u *u. Bagus bagus. Hasil hari ini akan saya beri tahu pada, #aisar.

    Terima kasih semuanya, karena telah bersedia berkerjasama dengan

    Jepang.$

  • 5/27/2018 Pendudukan Jepang Di Indonesia New (Revisi)

    4/21

    Setelah itu, dimulailah pemerintahan Jepang yang mulai terlihat belangnya terhadap

    Indonesia.

    Tepat pada tanggal 53 +pril 1345, %r. Syamsudin pun mengajak rakyat Indonesia untuk

    membantu Jepang melawan sekutu dengan membentuk gerakan +. yang bersuarakan

    Jepang >ahaya +sia, Jepang Pelindung +sia, Jepang Pemimpin +sia.

    %r. Syamsudin !%ulai hari ini kita telah memiliki sebuah organisasi baru bernama +.

    yang akan dipimpin oleh saya sendiri. 8erakan ini akan melindungi rakyat

    Indonesia dari para sekutu. +pakah kalian merasa bahwa organisasi ini

    penting$

    =akyat !"+, "+)))))$

    %r. Syamsudin !Saudara9saudara, Jepang telah membantu kita dalam

    mempertahankan Indonesia. %aka kalian setuju akan adanya organisasi

    ini$

    =akyat !S?TCJC, S?TCJC))))$

    %inggu demi minggu, bulan demi bulan, namun gerakan + tidak mengalami

    perkembangan yang signi*ikan seperti yang diharapkan. +khirnya tercetuslah pemikiran bahwa

    gerakan + akan dibubarkan. Selain itu juga disebabkan oleh latar belakang si #etua yang

    bukan seorang masyarakat Indonesia.

    -rang Jepang !#arena tidak adanya hasil yang diharapkan oleh Jepang dari organisasi

    ini, maka mulai sekarang, organisasi + dibubarkan)$

    =akyat !#enapa +pakah karena %r. Syamsudin$

    -rang Jepang !"a, Beliau tidak memberikan hal positi* pada organisasi ini. 0agipula, ini

    juga disebabkan oleh latar belakang Beliau yang bukan sebagai warga

    egara Indonesia.$

    =akyat !Aah, cukap parah. -kelah kalau begitu.$

    -rang Jepang !Berarti gerakan + sudah resmi dibubarkan)) :an akan diganti dengan

    organisasi baru, yaitu Putera.$

    =akyat !Hah +paan lagi tuh Banyak amet oragnisasinya, ganti9ganti mulu)

    Cdah kayak ganti baju aja. %ending kalau ganti9ganti istri)$

    -rang Jepang !+h, kamu ini kerjanya ngeluh aja) Ini tuh sistem pemerintahan. #alau

    beneran ganti9ganti istri saya juga mau))$

    =akyat !HCCCC))))))))$

    :isitulah dimulainya organisasi Putera. -rganisasi yang digunakan Jepang untuk

    mengendalikan Indonesia.

    4

  • 5/27/2018 Pendudukan Jepang Di Indonesia New (Revisi)

    5/21

    Setelah didirikannya organisasi Putera, maka akan dibuat peresmiannya. Peresmian itu

    dihadiri oleh 4 serangkai yaitu, Ir. Soekarno, :rs. %oh. Hatta, #i Hajar :ewantara, dan #.H.

    %as %ansur serta beberapa petinggi Jepang.

    Petinggi Jepang I !Hari ini kita akan meresmikan berdirinya organisasi Putera. :an

    sekaligus akan menentukan pemimpin organisasi ini. Baiklah, kita bukasaja pertemuan hari ini. -iya cepat buka bajunya.$

    Soekarno !0ho, untuk apa$

    Petinggi Jepang I !+h maa*, saya terbiasa dengan istri saya. Baiklah kalau begitu kita

    mulai saja dengan wajar. Sudah siap saudara9saudara$

    Semuanya !"a, siap))$

    Petinggi Jepang II !#ita akan menentukan pemimpin organisasi ini. Siapa yang mau

    mengusulkan$

    Petinggi Jepang I !Bagaimana kalau Soekarno saja$

    Soekarno !Aah, mengapa saya Saya tak bisa pisah dari 4 serangkai ini.

    Bagaimana$

    %oh. Hatta !"a, benar. #ita harus selalu bersama)$ 'sambil merangkul(

    Petinggi Jepang II !"+ sudah, gimana kalau 4 serangkai saja yang memimpin organisasi

    Putera ini$

    Petinggi Jepang I !Setuju, setuju))$

    Petinggi Jepang II !Bagaimana dengan 4 serangkai +pakah kalian setuju$

    4 Serangkai !Setuju))))$

    Petinggi Jepang II !Tujuan pendirian putera oleh Jepang adalah untuk memusatkan

    seluruh kekuatan rakyat supaya memiliki perasaan kuat terhadap

    kewajiban dan tanggung jawab dalam menghapuskan pengaruh barat.

    'membaca kertas isi tujuan Putera(. Sanggupkah kalian$

    Soekarno !Saya selalu siap untuk egara ini)$

    0ainnya !#ami juga))$

    Soekarno memanglah seorang pejuang sejati. Beliau adalah salah satu warga Indonesia

    yang memiliki rasa nasionalisme tinggi. Bahkan tak hanya Soekarno, namun semua pejuang

    pun seperti itu. %embela egara Indonesia.

    Pada tanggal ; September 134, terbentuklah Badan Pertimbangan Pusat '>huo Sangi

    In(. -rganisasi ini didirikan oleh Jepang dan diketuai oleh Ir. Soekarno dan wakilnya adalah

    =.%.+.+. #usoemo -etojo dan dr. Boentaran %artoatmojo.

    ;

  • 5/27/2018 Pendudukan Jepang Di Indonesia New (Revisi)

    6/21

    Soekarno !Sebenarnya saya menyimpan rasa curiga terhadap Jepang. ?ntah mengapa,

    sepertinya Jepang sama saja seperti par sekutu.$

    #usoemo !Iya, saya juga berpikir begitu. =asanya aneh sekali kalau kita memiliki banyak

    organisasi seperti ini, namun keadaan tidak berubah secara signi*ikan.$

    Boentaran !+h, masa iya sih #ayaknya biasa aja. #ita gak boleh suuDon)$

    Soekarno !"aa, saya gk suuDon. Hanya saja curiga.$

    Boentaran !>uriga kenapa$

    Soekarno !Bukannya Indonesia semakin baik, tapi malah sepertinya memburuk.

    #enyataannya bangsa Indonesia diperas oleh Jepang) 8awat sekali itu)$

    Boentaran !+nda berlebihan ah)$

    #usoeno !Hahaha. Tapi kita tetap tak boleh lengah lho. Ini kan menyangkut pautkan

    Indonesia. Jika Jepang sama seperti penjajah lain. %ungkin mereka akan lebih

    kejam dari biasanya.$

    Soekarno !Perkiraanmu itu bagus juga. Sekarang saja sudah terlihat bahwa Jepang

    memeras kita untuk memenuhi kebutuhan logistik dan akomodasi Jepang

    selama berperang.$

    Boentaran !Hah Jepang berperang dimana Saya tak pernah tahu.$

    #usoeno !:uh, gak up to date deh. Jepang itu ikut perang +sia Timur =aya.$

    Boentaran !Hmm, begitu ya Sepertinya saya mulai paham. ampaknya memang ada

    sesuatu yang mesti kita curigai. -iya, beberapa waktu lalu, saya mendapat kabar

    bahwa Jepang telah menyuruh9nyuruh rakyat kita dengan paksa)$

    #oesono !Benar kan Hmm, ini tak boleh dibiarkan. Jepang pasti akan bertindak

    semena9 mena. %eskipun ini baru kecurigaan, namun saya mulai yakin.$

    Jawa Hokokai, berdiri pada tahun 1344, atau bisa juga diartikan sebagai Himpunan

    #ebaktian Jawa yang menjadi organisasi resmi pemerintah. Jawa Hokokai memeras Indonesia

    dengan mengambil sumber daya yang dihasilkan oleh para pekerja Indonesia. =akyat

    Indonesia semuanya harus kerja paksa. Inilah bukti *isik kekejaman Jepang terhadap Indonesia.

    Sebagai tindakan penjajahan Jepang yang mulai kejam, Jepang membuat kelompok kerja

    paksa yang bernama =omusha. %ereka diperlakukan secara paksa oleh Jepang, terutama di

    objek9objek militer untuk membuat lapangan terbang, kubu9kubu pertahanan, dan jalan kereta

    api. +kibat dari romusha ini banyak pemuda petani yang menghilang dari desanya karena tak

    mau dijadikan romusha. +kibatnya mayoritas penduduknya adalah kaum wanita, anak9anak,

    dan orang cacat

    E

  • 5/27/2018 Pendudukan Jepang Di Indonesia New (Revisi)

    7/21

    Prajurit 1.; !Heh, kalian) +yo kerja yang benar) %alas sekali)$ 'hardik seorang prajurit

    kepada beberapa rakyat lansia yang sedang menanam beberapa sayur9

    sayuran(.

    =akyat !I..iya)$

    Prajurit 1 !Huh, dasar rakyat9rakyat tidak berguna. %engapa bisa sampai ditipu oleh

    Jepang sampai seperti ini 0emah sekali.$ 'berbicara dengan prajurit lain(

    Prjurit 1.; !"a. @u *u *u.$

    =omusha dipekerjakan sangat semena9mena. Bahkan semua warga Indonesia juga

    diperlakukan seperti itu

    Pada saat Jepang mengalami kemunduran di tahun 1334.

    Prajurit 1 !:uh, gimana nih, coy Pasukan militer kita kurang nih. #ita butuh tambahan

    orang. 0o ngadu sana sama Pak Bos.$ 'ujar seorang prajurit sambil berkacak

    pinggang(.

    Prajurit 5 !+h, gak mau ah. %ales gue . tuh orang galak banget) Btw, lo kenapa Sakit

    pinggang$

    Prajurit 1 !ah, bener tuh. +tasan kita sangar, coy) Hah #agak. 8ue gak sakit pinggang.

    >uma pegel doing.$

    Prajurit 5 !Hmm, gimana kalo kita jankenpong aja %au kagak$

    Prajurit 1 !-kelah kalau begitu.$

    '0alu mereka mulai bersuit(

    Prajurit 1 !ah, gue gajah, lo semut. Berarti, gu..gu..gue dong yang maju)$

    Prajurit 5 !Tumben lo pinter. "audah, sana gih maju. Hush hush.$

    'Prajurit 1.; pun pergi ke kantor Bosnya. Sesampainya disana, prajurit I mulai

    menghadap ke Bosnya(.

    Prajurit 1.; !Bos, saya mau ngadu&$

    Bos Parjurit !gadu ?mangnya ini saya Bandar ngadu ayam$

    Prajurit 1.; !I..Iya, Bos. %aa*. Hmm, saya mau lapor, kita kekurangan pasukan militer nih.

    %inta tambahan dong)$

    Bos Prajurit !"audah dah. #ita bikin kerjasama aja bareng Indonesia. tar kita adain rapat

    untuk membentuk organisasinya.$

    2

  • 5/27/2018 Pendudukan Jepang Di Indonesia New (Revisi)

    8/21

    Prajurit 1.; !-ke, coy. 8ue laksanain dah)$

    '0alu prajurit 1.; berjalan keluar ruangan. Bos tiba9tiba mengeluarkan sebuah sandal

    jepit dari kantongnya dan menimpuk kepala si Prajurit 1.;(.

    Bos Prajurit !+pa Berani banget lo manggil gue hairul Saleh, Aikana, dan +mir Syari*udin.

    Pada tanggal 5; @ebruari 1344 terjadilah perang di Singaparna, perang itu dipimpin oleh

    #.H. Faenal %usta*a. Hal tersebut terjadi karena Jepang memaksa agar #.H. Faenal %usta*a

    beserta pengikutnya melakukan penghormatan dengan cara membungkukkan badan 'seikeirei(

    kepada #aisar Jepang yang dianggap :ewa. #.H. Faenal %usta*a menolak karena tidak sesuai

    dengan ajaran agama Islam.

    Prajurit 1 !?h coy, kita ditantangin nih sama Singaparna.$

    Prajurit 5 !Siapa pimpinan disana$

    Prajurit 1 !#atanya pimpinan disana itu %ustopa, Bos.$

    Prajurit 5 !%ustopa -k ok, ayo kita kesana)$

    Saat mereka datang di Singaparna.

    Prajurit 1 !%ana yang bernama %ustopa$

    =akyat 1 !%ustopanya lagi solat mas. Tunggu aja beberapa menit lagi.$

    G

  • 5/27/2018 Pendudukan Jepang Di Indonesia New (Revisi)

    9/21

    'setelah selesai solat(

    %ustopa 'dengan tergesa9gesa( !%as, ada apa ya mencari saya$

    Prajurit 5 !#ami datang ke sini untuk mengambil wilayah ini.$

    =akyat !+P+))))))))$

    Prajurit 1 !Iya, kami datang untuk mengambil wilayah ini.$

    %ustopa !%aksud lu apaan dateng kesini dan mau mengambil wilayah gue seenak jidat

    lu)$

    Prajurit 1,; !#ami disuruh kaisar kami, agar merebut wilayah ini menjadi daerah bawahan

    Jepang.$

    =akyat 5 'sambil berbisik kepada %ustopa( !%us,jangan mau dah. +tau ga nanti kita bisadi=omusha. #asian gue sama istri gue nanti.$

    %usopa !-ke coy. ?h lu Prajurit Jepang gue ga akan mau wilayah ini diambil sama

    Jepang.$

    Prajurit 1,; !-ke coy, gue lagi baek nih. +tau ga lu udah gue gibas. 8ini aja, kita ga akan

    ngambil wilayah lu, asalkan lu bungkuk kepada kaisar kami, atau wilayah lu akan

    gue ambil paksa.$

    %ustopa !?h bos baikan aja deh kita. #ita ambil jalan damai aja.$ 'sembari memberikan

    rokok(

    Prajurit 1,; !SamsoeBoleh juga nih.$'sambil menyalakan rokok( !%+#+ IH S+%S-?$

    'sambil menyundutkan rokok ke jambang %ustopa, sehingga jambangnya ga

    seimbang lagi.( !Salah satu caranya, lu harus tunduk ke kaisar kami)$

    %ustopa !+duh&&.ngga))). gue ga akan tunduk ke kaisar lu. +bisnya di agama gue itu

    namanya musyrik.$

    =akyat !Aaw))$'terpesona(

    Prajurit 1,; !#alau begiu kami akan mengambil wilayah ini dengan paksa.$

    %ustopa !-#)))) Sapa Takut$

    Prajurit 1 !Hajar Bos, hajar))$

    Prajurit 1,; 'memukul %ustopa( Bag, Bikk buk&$

    %ustopa !+CC) Aey coy, bantuin gw napa$

    =akyat 1 !+yo temen, kita bantuin %ustopa))$

    3

  • 5/27/2018 Pendudukan Jepang Di Indonesia New (Revisi)

    10/21

    =akyat 5 !-k, mending lo panggil warga lain dah)$

    =akyat ! Sep&.$ 'ngacir manggil teman(

    Prajurit 1 !-y, buruan lo panggil bantuan juga.$

    Prajurit 5 !-k, cung)$

    %aka terjadilah perang di Singaparna .

    Pada tanggal Juli 1344 di >irebon9Jabar.

    %ardiyas !+h, gw udah bosen diginiin mulu ama Jepang) %ereka nyiksa rakyat mulu)

    =asanya gw mau ngeberontak aja nih.$

    Srengseng !Sembarangan aja lo) ?mangnya gampang apa ngelawan Jepang. ?nak banget

    ngomongnya. Inget anak istri)$

    %ardiyas !+pa hubungannya ama anak istri gw Huh, emangnya kalian gak bosen apaharus terus9terusan dijajah begini$

    #artiwea !Iya juga sih. %asa kita mau diem aja diginiin terus Iya gak$

    Srengseng !Tapi kan gak segampang itu ngelawan Jepang. Harus ada persiapan matang,

    bro.$

    %ardiyas !Halah, bilang aja lo takut.$

    Srengseng !Hah Takut Siapa takut$

    #artiwea !Trus kalo gitu kita harus gimana #ita tetep ngelawan Jepang kan$

    %ardiyas !"aiyalah, lagi pula udah pada sepakat semua kan$

    Srengseng !Aets, gw kagak ngomong setuju))$

    #artiwea !ah, itu lo ngomong. -ke, kita bakal serang Jepang)) Hmm, tapi tunggu dulu.

    8imana caranya ya$

    Srengseng !Jah, capek deh) Ternyata emang belum ada persiapan kan >kckck.$

    %ardiyas !Jangan meremehkan dong. 8w udah ada ide nih.$

    0alu mereka bertiga merundingkan rencana melawan Jepang. :an sore harinya, mereka

    langsung melancarkan rencana tersebut.

    Prajurit 1 !?h, ngapain tuh mereka bertiga jalan9jalan #ok mereka nyantai amet ya$

    Prajurit 1,; !Aah, iya tuh. "uk kita samperin)$ 'berjalan kearah mereka bertiga(

    Prajurit 1 !-y, lo pada ngapain jalan9jalan$

    1

  • 5/27/2018 Pendudukan Jepang Di Indonesia New (Revisi)

    11/21

    #artiwea !%au shopping, bang. +da yang jualan baju gak ya$

    Prajurit 1,; !?mangnya lu kira ini mall Berani banget lo ama kita bertiga$

    Srengseng !Hah Bertiga #agak bisa ngitung ya 0u tuh berdua.$

    Prajurit 1,; !0ah, iya ya Si prajurit 5 kemana nih$ 'tiba9tiba pajurit 5 datang(

    Prajurit 5 !%aa* gw baru dateng. +bis dari wc gw.$

    Prajurit 1 !:asar lo) gejatuhin citra kita aja. ih, sekarang kita hadepin nih trio kwek

    kwek)$

    %ardiyas !?mangnya situ bukan trio kwek kwek apa$

    Prajurit 5 !Jangan salah. #ita ini trio macan)))$

    %ardiyas !-kelah kalo begitu. #ita on aja)) +yo serbu))$

    0alu mereka pun berkelahi. amun, trio kwek kwek mengalami kekalahan di medan

    perang itu. :i karenakan saat ini keeksistensian trio macan jauh lebih tinggi daripada trio kwek

    kwek di layar kaca.

    Pada tanggal 1E -ktober 1344 dilakukan perlawanan rakyat di Pontianak9#albar.

    Setelah memberi tahu pemuda yang lain, mereka mulai mengatur siasat dengan

    berkumpul terlebih dahulu di 8edung %edan Sepakat Pontianak. Tapi pada saat memulai

    perlawanan Jepang menyikapinya dengan melakukan pembunuhan terhadap rakyat setempat.

    Prajurit 1.; [email protected] *u *u. #alian semua tidak akan menang melawanku))$ 'dengan gaya

    sok penguasa(

    =akyat 1 !Tolong jangan ganggu kehidupan kami.$ 'sambil memohon(

    Prajurit 1.; [email protected] *u *u. Hanya ada 5 pilihan, kalian pilih harta atau nyawa$

    =akyat 5 !Hmmm, kami memilih harta))$ 'sambil sedikit berpikir(

    Prajurit 1.; !>uih, dasar kalian rakus hanya ingin harta))$ kalau begitu kami akan

    mengambil nyawa kalian)) >iaaaaattttttt)))))))$ 'sambil mengambil samurai

    dan membunuh semua rakyat di tempat itu(

    Prajurit 5 !Hohoho. =asakan kalian semua))$

    Itulah bukti kekejaman Jepang pada Indonesia. Pada awalnya, mreka sangatlah

    bersikap manis pada rakyat. amun mereka adalah serigala berbulu domba.

    'keadaan menggambarkan suasana rapat yang serius(.

    Pada saat itu, para pasukan P?T+ sedang brkumpul di markas untuk merencanakan

    penyerangan besar9besaran terhadap Prajurit Jepang.

    11

  • 5/27/2018 Pendudukan Jepang Di Indonesia New (Revisi)

    12/21

    Shodanco !%ari kita rundingkan, apa yang akan kita lakukan untuk melawan Prajurit

    Jepang itu +da yang punya usulan$

    Prajurit Ind 1 'mengacungkan tangan( !Pak Jendral) Saya punya usulan. Bagaimana jika kita

    meminta bantuan kepada teman9temanku yang berasal dari luar negeri %ereka

    akan dengan senang hati mambantu.$

    Shodanco !Teman9temanmu Berapa jumlah mereka +pa mereka bisa dipercaya$

    Prajurit Ind 1 !Saya jamin 1 teman9teman saya itu dapat dipercaya. Jumlah mereka ;.$

    Shodanco 'terkejut( !Aah, banyak sekali teman9temanmu) 0alu apa yang dapat mereka

    lakukan$

    Prajurit Ind 1 !%ereka dapat menyerang para Prajurit Jepang itu, jumlah mereka lebih banyak

    dari pada jumlah Prajurit Jepang$

    Shodanco 'berpikr( !Hmm, usulan yang bagus. Tapi bagaiman cara mereka menyerang

    para Prajurit jepang itu Persediaan jumlah senjata kita tidak sebanyak jumlah

    mereka.$

    Prajurit Ind 1 !%aa* Jendral. %ereka tidak memerlukan senjata dari kita, mereka telah

    memiliki senjata sendiri.$

    Shodanco 'berpikir dan menimbang(. !-kelah kalau begitu, kita akan menjadikan usulan

    ini sebagai rencana +. bagaimana dengan yang lainnya +pakah ada yang

    memiliki usulan untuk rencana B$

    Prajurit Ind 5 'mengacungkan tangan( !Pak Jendral)$

    Shodanco 'menoleh kearah prajurit 5( !+pa usulanmu$

    Prajurit Ind 5 !Saya mengusulkan bagaimana kalau kita membangun markas rahasia di bukit,

    agar rencana kita tidak ketahuan$

    Shodanco !Hmm, boleh juga, lalu bagaiman dengan penyerangannya$

    Prajurit Ind 5 !#ita akan mengawasi gerakan Jepang dari atas bukit, ketika mereka lengah

    kita mulai menyerang mereka$

    Shodanco 'menimbang9nimbang( !Hmm, boleh juga. #ita jadikan itu rencana B. apa ada

    lagi yang ingin memberi usul$

    Prajurit Ind 'mengacungkan tangan( !Saya Jendral) Saya ingin mengusulkan, bagaimana

    jika kita merakit bom untuk diledakan di markas Jepang$

    Shodanco !Siapa yang akan membantu kita merakitnya$

    Prajurit Ind !Saya sudah memiliki bom itu, dan saya telah membuat bom itu sendiri

    dirumah.$

    15

  • 5/27/2018 Pendudukan Jepang Di Indonesia New (Revisi)

    13/21

    Shodanco !+pa kau yakin kalau bom itu ampuh$

    Prajurit Ind !Saya sangat yakin Jendral) Bom itu akan membuat para Prajurit Jepang itu

    terkapar.$

    Shodanco !-kelah kalau begitu. #ita jadikan usulan itu sebagai rencana >.$

    Setelah rapat itu selesai, masing9masing prajurit mempersiapkan segala sesuatu untuk

    melakukan penyerangan.

    Pada tanggal 14 @ebruari 134;, prajurit9prajurit P?T+ di Blitar di bawah pimpinan

    Shodanco Supriyadi, melaksanakan perlawanan terhadap Jepang. Pihak militer Jepang

    mengetahui bahwa perlawanan P?T+ di Blitar merupakan perlawanan terbesar yang terjadi

    pada masa pendudukan Jepang.

    Cpaya yang dilakukan Jepang dalam menghadapi P?T+ yakni dengan menempatkan

    pasukan tentaranya yang dilengkapi dengan tank dan pesawat terbang. Pada pertempuran itu

    Shodanco Supriyadi dibantu noleh Shodanco %uradi mulai terdesak oleh pasukan Jepang dan

    berusaha bertahan di lereng 8unung #awi.

    amun akhirnya %uradi dan prajurit P?T+ menyerah dan tertangkap oleh Jepang, ada

    juga yang dihukum mati seperti dr. Ismail, %uradi, Suparyono, Halir %angkudijaya,Sunanto, dan

    Sudarno. Sementara itu Supriyadi tak dapat diketahui kabarnya.

    Pada bulan o7ember 1344, meletuslah perlwanan penduduk +ceh terhadap Jepang

    yang dilaksanakan oleh Teuku Hamid, dengan cara keluar dari asrama 8iguyun di Jangka

    Buaya '+ceh(.

    Pada malam itu, udara terasa dingin dan Teuku Hamid sedang berada di tempat

    persembunyiannya, yaitu semak9semak. :ia berniat untuk melaksanakan pertemuan

    rahasianya disana.

    Teuku !#alian berdua, kemarilah sebentar..$ 'memanggil 5 orang yang berdiri tak jauh

    dari dia(

    =akyat 15 !"a, Teuku))$ 'berlari menghampiri Teuku(

    =akyat 1 !Teuku, kenapa pertemuannya harus disemak9semak seperti ini$

    Teuku !Biar lebih romantis.. ?h, maa*. %aksud saya, karena ruang rapat kita sudah

    diambil Jepang. Jadi mau dimana lagi "a disini aja lah.$

    =akyat 1 !Hmm, baiklah. 0alu ada apa kita dipanggi ke ruang rapat kita yang baru ini$

    Teuku !Saya ingin menyampaikan pikiran saya beberapa hari ini.$

    =akyat 5 !Jadi Teuku mau curhat$

    1

  • 5/27/2018 Pendudukan Jepang Di Indonesia New (Revisi)

    14/21

    Teuku !"a.. ?h9+h)) Bukan itu., tentu saja bukan. %aksud saya, saat ini saya sedang

    menyusun rencana untuk keluar dari asrama 8iguyun dan membangun markas

    di lerengnya. Bagaimana

    =akyat 1 !"aa, saya mah setuju9setuju aja. Tapi, emangnya bisa Teuku$

    Teuku !"a makanya dicoba. Haduh.$

    Setelah mereka keluar berhasil keluar dari asrama 8iguyun, Teuku Hamid mendirikan

    markas9markas di lereng gunung. Sayangnya salah seorang Prajurit Jepang mengetahuinya

    dan mengeluarkan ultimatum sandraan kepada keluarga Teuku Hamid jika Teuku tidak

    menyerah.

    Prajurit Jepang !Teuku Hamid)) #ita udah nyandra anak bini lo)) Buruan menyerah) +tau gak

    gw bunuh))$

    Teuku !Aah, kalian curang))) %asa mainnya sandra9sandraan orang sih. Iihh,

    kamuuuu&$

    Prajurit 1 !:asar, gak usah sok imut)) Bagaimana >epat putuskan, mau menyerah atau

    tidak)) +tau nggak, ntar istri lu gw jadiin istri kedua gw, sayang kalo dibunuh.

    %asih mulus))$

    Teuku !Haduh, gimana ya Hmm, okelah kalo begitu. 8w nyerah. Tapi, liat aja nanti))

    Bangsa gw bakal merdeka))$ 'menghela napas sedih(

    Prajurit 1.; [email protected] *u *u. Bagus) Sekarang bakal gw ancurin nih markas))$

    Begitulah perjuangan Teuku Hamid di +ceh. %eskipun Beliau mengalah, tetapi

    semangat nasionalismenya tetap tinggi.

    Suatu hari di >ilacap, #usaeri memimpin sebuah perlawanan terhadap Jepang. amun,

    ditengah9tengah pertempuran, para pasukan #usaeri habis sehingga #usaeri mengalami

    kekalahan. :an lalu #usaeri dibawa ke markas Jepang sebagai tawanan.

    Prajurit 1.; [email protected] *u *u. %au kita apakan mereka ini, Bos$

    Bos Prajurit !Hmm, saya bingung mau diapakan pecundang ini.$

    #usaeri !Cdah, gw dibebasin aja.$

    Prajurit 5 !?nak aja. ?mang lo kira kgak susah apa nangkep lo) 8ampang banget minta

    dibebasin)$

    14

  • 5/27/2018 Pendudukan Jepang Di Indonesia New (Revisi)

    15/21

    Bos Prajurit !Hahaha. 8ampang banget mintanya)) %endingan&..$

    Soedirman !Bebaskan saja)))$ 'tiba9tiba datang( !Bagimana kalu kita mengadakan

    perundingan dulu untuk menentukannya$

    Bos Prajurit !Baiklah&$

    Beberapa jam kemudian&&

    #usaeri !:uh, lama amet berundingnya) ?h, itu dia udah dateng. Panjang umur dah,

    baru di omongin.$

    Bos Prajurit !Setelah berunding, keputusannya adala #usaeri akan dibebaskan))$

    Prajurit 1 !"aah, gk bisa gitu dong. >apek nangkepnya, Bos. %asa langsung

    dibebasin$

    Bos Prajurit !Sudah, jangan banyak omong. >epat bebaskan dia))$ 'Prajurit Jepang pun

    melepaskan ikatan #usaeri(

    #usaeri !Terimakasih banyak, Tuan. Terimakasih.$ 'sambil berlutut pada Soedirman(

    Soedirman !Iya, iya. >epat kamu pulang) %andi sana. Bau sekali))$

    Setelah itu, perkembangan karir militer :aidanco Soedirman melesat. Sehingga Ia

    dikenal dengan sebutan Jendral Soedirman.

    :i lain tempat&&&&

    Hideaki !Saya mengetahui keadaan Jepang saat ini. #ita semakin terpuruk. Saya telah

    gagal menjadi seorang perdana menteri. %aka saya akan mengundurkan diri

    dengan hormat. 0agi sudah saatnya saya pension, saya ingin hidup bahagia

    dengan keluarga saya$

    Bos Prajurit !Tetapi kenapa harus mengundurkan diri Saat ini negara kita sedang terpuruk,

    kita membutuhkan seorang pemerintah yang berdaulat.$

    Hideaki !Tapi saya&&&.$

    Bos Prajurit !%engapa Tuan mengundurkan diri di saat seperti ini$ 'Hideaki hanya terdiam.

    0alu membalikan badan dan menatap kosong ke arah yang lain(.. 'menghela

    napas( !Baiklah Tuan, saya akan menuruti perintah Tuan. amun sebelumnyasaya mohon Tuan menunjuk seseorang yang Tuan percayai untuk menjadi

    pengganti Tuan.$

    Hideaki !Saya akan menunjuk Jendral #uniaki #oiso. Tapi saya mohon, saat saya

    pensiun, saya ingin dapat pesangon&.$

    1;

  • 5/27/2018 Pendudukan Jepang Di Indonesia New (Revisi)

    16/21

    Pada tanggal 12 Juli 1344, penyerahan jabatan dilakukan. Jendral #uniaki #oiso

    bersedia menggantikan P.%. Hideaki Tojo. :an Ia mempunyai tugas berat, yaitu memulihkan

    kewibawaan Prajurit Jepang.

    2 September 1344. P.%. #uniaki #oiso mengadakan sidang Teikoku 8inkai 'parlemen

    Jepang( guna melontarkan sebuah janjinya.

    #uniaki !Saudara9saudara, pada sidang kali ini, saya akan menyampaikan sebuah janji

    saya kepada rakyat Indonesia. Saya berjanji akan memerdekakan Indonesia.

    Janji ini akan saya tepati. amun, untuk menunjukan kesungguhan janji saya,

    bendera %erah Putih boleh berkibar di kantor9kantor, tetapi harus berdampingan

    dengan bendera Jepang. Bagaimana$

    Prajurit Jpg !SCTCJCCCC)))$

    #uniaki !-kelah kalau begitu. Berarti mulai saat ini. Indonesia9Jepang akan menjalin

    hubungan persaudaraan))$

    Prajurit Jpg !"aaa)) #ita mah setuju9setuju aja. +salkan gaji kita dinaikin))$

    #uniaki !:asar %atre))$

    :i situlah Jepang memiliki perdana mentri baru dan Indonesia dapat mengibarkan Sang

    %erah Putih.

    Pada tanggal 1 %aret 134;, di suatu ruangan, Jendral #umakichi Harada, =adjiman

    Aidyoningrat, =.P. Suroso, dan Ichibangse sedang mengadakan rapat pembentukan organisasi

    BPCP#I.

    #umakichi !Selamat siang saudar9saudara. Saya akan mengumumkan pembentukan

    BPCP#I atau :okuritsu Junbi >osokai$

    Suroso !0alu, siapa yang akan menjadi ketuanya$

    #umakichi !Telah saya tentukan. #etuanya adalah Bapak =adjiman Aidyodiningrat.$

    =adjiman !Siap laksanakan))$

    #umakichi !Sedangkan wakilnya saya tawarkan kepada Bapak Suroso.$

    Suroso !+h, gak mau ah. %ales.$

    #umakichi !0ho, kenapa$

    Suroso !"a gak papa. 8ak mau aja.$

    1E

  • 5/27/2018 Pendudukan Jepang Di Indonesia New (Revisi)

    17/21

    #umakichi !Jah, aneh. Pokoknya, wakilnya adalah +nda, Bapak Suroso. Bagaimana

    menurut +nda$ 'melihat kearah Ichibangase(

    Ichi !Saya sebagai perwakilan dari Jepang, menyetujuinya. Saya harap organisasi

    ini akan berjalan lancar.$

    #umakichi !Terimakasih. Baiklah, rapat kali ini kita tutup dan pada tanggal 5G %ei 134;

    akan saya resmikan BPCP#I ini. %ohon dipersiapkan sebaik9baiknya.$

    Itulah rapat berdirinya organsasi BPCP#I&&.

    Pada tanggal E +gustus 134; kota Hiroshima diledakan olek sekutu dari +S untuk

    menurunkan moral semangat Prajurit Jepang. 0alu sehari kemudian, organisasi BPCP#I

    berubah nama menjadi PP#I 'Panitia Prsiapan #emerdekaan Indonesia(. 0alu pada tanggal 3

    +gustus 134;, bom atom kedua dijatuhkan lagi oleh +S di kota agasaki.

    Prajurit 5 !Tuan, Jepang semakin hancur reputasinya. 0alu kita harus bagaimana$

    Bos Prajurit !%au tidak mau kita harus menyerah kepada +S. !

    Prajurit 5 !Hah +pakah kita akan benar9benar akan menyerah$

    Bos Prajurit !"a, habisnya mau bagimana lagi$

    #eadaan itu diketahui oleh Soekarno dan %oh. Hatta.

    Soekarno !Aah, kita harus meman*aatkan keadaan ini. Bagaimana kalau kita pergi ke laut

    Saigon di Kietnam untuk bertemu dengan %arsekal Terauchi. #ita akan

    diskusikan tentang kemerdekaan Indonesia.$

    Hatta !"a, saya setuju. #ita juga akan pergi bersama Bapak =adjiman. +yo kita

    segera berangkat.$

    #etika sampai di :alat&&&&.

    Hatta !+khirnya kita sampai juga. +yo kita diskusikan.$

    %arsekal !Sebenarnya Jepang telah menutus saya untuk mewakilkan berbicara dengan

    +nda. Jepang telah mengaku mengalah terhadap +S. :an akan memberikan

    kemerdekaan kepada Indonesia.$

    Hatta !ah, kenapa gak dari dulu saja #an jadi repot begini.$

    12

  • 5/27/2018 Pendudukan Jepang Di Indonesia New (Revisi)

    18/21

    Soekarno !Baiklah kalau begitu. #ita akan meman*aaktan waktu ini untuk

    memproklamirkan kemerdekaan Indonesia yang telah lama ingin kami raih.$

    Pada tanggal 1E +gustus, berita tersebut meluas. +khirnya Jepang memberikan

    kemerdekaan untuk Indonesia. Soekarno dan Hatta didesak oleh para pemuda untuk segera

    meproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Sampai9sampai Soekarno dan %oh. Hatta dibawa ke

    =engasdengklok untuk membuat teks proklamasi.

    Pemuda 1 !jepang sudah kalah. Ini saatnya kita untuk memproklamasikan kemerdekaan

    kita$

    Pemuda 5 !betul sekali)) #alau begitu kita harus menculik pimpinan kita dan memaksa dia

    untuk membuat teks proklamasi$

    Pemuda 1.; !kalau begitu kita harus menyuruh seseorang untuk menculik soekarno$

    Pemuda 1 !aku punya kenalan seseorang yg bisa di andalkan$

    Pemuda 5 !bagus&. siapa dia$

    Pemuda 1 !aku lupa namanya. Tapi dia berasal dari luar negri dan dia memiliki pasukan

    sebanyak ; -=+8)))$

    Pemuda 1.; !pasti dia tidak bisa diandalkan$

    Pemuda 5 ! kalau begitu kita bebaskan temanku yg dipenjara di Blitar, namanya laskar.

    :ia pernah mengeabui pasukan Jepang.$

    Pemuda 1.; !B+8CS..)) itu dia yang kita perlukan.$

    'setelah laskar dibebaskan(

    Pemuda 5 !ini dia yang namanya laskar$

    0askar !hai$

    Pemuda 1 !0askar, Bantu kami melakukan negosiasi dengan kaum tua. #alu perlu culik

    mereka)) #ami tunggu di rengasdengklok$

    0askar 'menghadap arah yang berlawanan($#alian dengar ap yang dia katakana)) +"-

    >?P+T P?=8I&..)))$

    Prajurit 1.; !bicara kepada siapa dia&$

    Prajurit 1 dan 5 !entahlah$

    Setelah para kaum tua telah tiba di rengasdengklok. Para pemuda memaksa

    kaum tua untuk segera mendeklarasikan kemerdekaan.

    1G

  • 5/27/2018 Pendudukan Jepang Di Indonesia New (Revisi)

    19/21

    Pemuda 1 !Soekarno)) >epat buatkan teks proklamasi$

    Soekarno !tidak mau) #arena belum ad kepastian dari Jepang.$

    Pemuda 1.; !0antas mau sampai kapan kita dijajah)) %au kebudayaan kita diambil$

    %oh. Hatta !tapi tidak semudah itu untuk memproklamasikan kemerdekaan.$

    'tiba9tiba tele*on berdering dan suasana hening(

    'tiba9tiba laskar masuk dan mengangkat telpon(

    0askar !hai$

    #unto !siapa ini$

    0askar !laskar..$

    #unto !baiklah laskar sampaikan ini pada soekarno$

    0alu #unto menceritakan suasana dan soekarno menyetujui untuk membuat teks

    proklamasi di Jakarta. 0alu teks proklamasi tersebut diketik oleh Sayuti %elik. :i

    =engasdengklok bendera merah putih telah berkibar. #arena akan diperkirakan bahwa besok

    Indonesia akan merdeka. Soekarno mengundur waku untuk membacakannya, sampai Ia tiba di

    Jakarta. %endengar hal itu, Jusu* #unto dan +hmad Soebarjo datang ke =engasdengklok untuk

    menjemput Soekarno dan yang lainnya.

    #unto !Saya datang kesini hendak menjemput +nda, Bung. Saya harap ketika sampai

    di Jakarta, Bung akan langsung membacakan teks proklamasi tersebut.$

    Soekarno !"a, saya akan membacakannya. amun, dimana hal itu akan berlangsung$

    +hmad !Saya telah mempersiapkannya. "aitu di Jl. Pegangsaan Timur nomor ;E,

    tepatnya dirumah +nda.$

    Soekarno !-h, baiklah. Hmm, kita akan langsung menuju ke Jakarta.$

    Pada tanggal 12 +gustus 134; di depan rumah Soekarno, telah siap mimbar untuk

    membacakan teks proklamasi. Berkibarlah bendera %erah Putih yang dijahit oleh Ibu

    @atmawati. =akyat telah banyak berkumpul disana untuk menyaksikan pembacaan proklamasi

    kemerdakaan Indonesia.

    Soekarno !Hari ini saya akan membacakan teks proklamasi yang akan membawa bangsa

    Indonesia kedepan pintu gerbang kemerdekaannya. Telah bertahun9tahun kita

    dijajah oleh bangsa lain dan terombang9ambing dalam ketidak pastian&..$

    =akyat 'menyela( !Sudah, ayo langsong saja))))$

    13

  • 5/27/2018 Pendudukan Jepang Di Indonesia New (Revisi)

    20/21

    Soekarno !Ba..baiklah. Saya akan membacakan teks proklamasi kemerdekaan

    Indonesia.$

    '%embacakan teks proklamasi(

    =akyat 'berteriak kesenangan(

    Begitulah singkatnya sejarah kemerdekaan Indonesia. Indonesia adalah egara yang

    besar. amun, karena adanya penjajah yang menhancurkan kedaulatan Indonesia, maka

    Indonesia kehilangan kebebasannya. Tetapi Indonesia kini telah merdeka, dan sekarang lah

    saatnya membuktikan bahwa Indonesia mampu berdiri dengan kokoh tanpa adanya penjajah.

    Itulah kilasan perjuangan para tokoh kemerdekaan Indonesia dalam merebut hak

    Indonesia. Semoga drama ini dapat berman*aat dan memiliki makna yang baik.

    TH? ?:

    5

  • 5/27/2018 Pendudukan Jepang Di Indonesia New (Revisi)

    21/21

    B" ibunai 'ihon #urabu ana Ichi(

    51