Click here to load reader

ANATOMY - · PDF fileSaya harap ya kalian kuat di anatomi dan fisiologi, ... Pada pembedahan, gaster yang berlubang akibat terjadinya ulkus ataupun perforasi

  • View
    225

  • Download
    0

Embed Size (px)

Text of ANATOMY - · PDF fileSaya harap ya kalian kuat di anatomi dan fisiologi, ... Pada...

  • ANATOMY Department

    Modul Gastrointestinal

  • 1

    Penanggung Jawab : Kevin Chikrista

    Disusun oleh :

    1. Erik Ahmad Hasyim (ketua)

    2. Deska Gratama

    3. M. Fadhil Amrullah

    4. Danang Mustofa

    5. Nabiyur Rahma

    6. Adityawarman

    7. Anggita Serli

    8. Nabiyur Rahma

    9. Mustarhfiroh

    10. Kristian Wilson

    11. Ledi Rati

  • 7 menit ke-1 (titi)

    Saya harap ya kalian kuat di anatomi dan fisiologi, supaya kalian lebih mudah kedepannya.

    Nanti kita akan membahas beberapa penyakit yang ada di GI ini. Tp saya Cuma ambil beberapa. Saya

    Cuma bahas yang sering terjadi dan akan sering kalian temui waktu kalian sudah jadi dokter nanti.

    Jadi mudah mengenali gejala dan tanda dst sehingga kalian tepat mendiagnosis. Sehingga kalian

    dapat memberikan terapi sesuai batas kompetensi dan rujuk.

    Dari atas yaitu dari gaster itu yang sering kita dapat dibagian bedah ya. Itu adalah perforasi pasti.

    Jadi lambungnya bocor. Proses perforasi gaster ini terjadi karena adanya luka, bisa gastritis, bisa

    peptic ulcer. Dan riwayatnya juga biasa punya maag kronis. Kemudian minum jamu obat yang

    sensitive melukai mukosa lambung, biasanya yaitu NSAID yang dikonsumsi dalam jangka

    panjang.Jamu biasa isinya dexa. Daun cemara juga.

    Adanya perforasi. Perforasi ini adalah lobang atau luka yang terjadi pada organ berongga pada perut

    yaitu gaster, duodenum blaablabla (salurang GI). Kalau sudah perforasi biasanya pasien itu juga

    mengalami peritonitis. Kondisinya kelihat sangat kesakitan. Biasanya palingkuat itu bagian atas kiri.

    kalau untuk appendicitis itu biasanya dikanan bawah. Biasanya kalau sudah infiltrate tapi belum

    pecah nyerinya local. Tapi kalau sudah perforasi semua bagian bisa sakit diperutnya. Jadi ini penting

    saat anamnesis nanti organnya letaknya dimana kalian harus tau.

  • 7 menit ke-2 (adit)

    Dari mana bocornya lambung kah apv kah ?maka dari itu riwayatnya dikejar, anamnesis dengan

    pemeriksaan fisik yang teliti itu sudah 80% nanti bisa mengarahkan ke suatu diagnosis.

    Ditandaidengan adanya eksudasi serum, fibril, sel sel, pus dalam peritoneeum, sehingga menyebabkan

    depan muscular tadi. Untuk menegagkan diagnosis dari anmnesispemeriksaan fisik dan pemriksaan

    penunjang bila diperlukanminimal standar untuk laboratorium sama rontgen. Kalian sudah harus bisa

    menegakan gambaranya seperti apa. Saya santai ya jadi kalaulagi jelaskan kalau memang ada yang

    kurang jelas langsung boleh , nunggu selesai langsung bertanya boleh dari pada lewat nanti lupa

    Nah tadi saya bilang gejala klinis nya kalau perforasi itu nyerinya hebat,pasien kesakitan makanya jadi

    diantara keluarga manfaatkan untuk sampai alo anamnesis , anamenesi kadang pasienya dalam

    kondisi kesakitan males di ajak bicara, ngomong aja udah sakit, makanya tanya keluarganya. Jadi

    gunakannamanya anamnesis kalian bisa dapatkan alo dan autoanamnesis.

    Nah ini rasa nyerinya tajam, digambarkan seperti ditikam kemudaian biasanya ada yang mual muntah

    yah, nyerinya mendadak terutama didaerah epigastrium dan menyebar ke kanan bawah sampai ke

    seluruh perut. Makanya tadi saya bilang hati hati, kalau dia udah difus menyebar bisa kena kelainan

    ke bawah karena cairan yang keluar tadi pus apa itu dia akan turun mengikuti gravitasi. Di daerah yang

    rendah sehingga sakitnya kok dibawah,nah kalian nyari ternyata memang dari atasjadi tetap hati hati

    Tahan ya, biasa timbul mendadak mual muntah akhirnya pada kondisi seperti ini tentulah orangnya

    karena makan muntah di akan takut makan, hati hati pada kasus kasus peritonitis ataupun ileus

    obstruktif maka biasanya pasien juga datang dengan keadaan dehidrasi , penatalaksanaan nanti kita

    kesana, yangjelas kalian harus sambil anamnesis jug,pemriksaan fisik. dan yang kita lakukan sambil

    simulasi, simulasi itu ya anamnesi ya meriksa ya sambil menyuruh, kamu pasti kerja ngga akan

    sendirian ntah ada teman sejawat yang lain ntah ada rekan kerja perawat disnan. Pasien yang ini

    tolong diinfus pake jarum atau pake abuket yang besar. Minimal 18 karena kepentingan nya utnuk

    rehidrasi dan siapa tau nanti tranfusi karena kemngkinan kalau perforasi arah nya akan dilakukan

    aparatomi ya kan. Ini aja yang nomor 20 22 ,gampang , betul gampang tapi mamti 2 kali kerja pasti

    dilepas pasti nanti dibuang. Itu untuk gejala tanda dan istilahnya yang perlu diperhatikan pasie sperti

    ini sambil kalian nyari udah nyari dan mau menegakan diagnosis kalian harus menyruh infus dan

    pasang kateter. Karena dalam possisi dehidrasi kalian harus lakukan rehidrasi pasienya dipuasakan

    dihitung cairan kalian yang masuk dan dihitung cairan yang keluar urin output. Nanti sampai sana

    Nah telah kalian anamnesi denga teliti sperti yang udah diajarkan ya mulai dari keluhan utama

    sterusnya riwayat penyakit dan seterusnya dan kemudian sampai riwayat dahulu sampai udah minum

    obat apa dan lainya riwayat penyakit keluarga yang memperberat memperingan dan seterusnya

    Nah distensi nya lebih di perut bagian atas karena yang tesentuh langsung peritoneum nya disitu jadi

    lebih ditekan keras. Tekan sedikit sakit pada palpasi peut papan jadi didepan muscular nih

    menunjukan ada iritasi dari pertoneum. Peka hepar biasanya hilang karena adanya udara bebasa yang

    menutupi kan dilambungkan selain yang keluar keluar tadi makanan atau bahan kmia tadi juga ada

    udara di bisanay dia distensif nah kalau peristaltiknya ini tergantung saat dari perforasi dia, biasanya

    kok masih ada tapi melemah tapi kalau sudah lama dia dirumah dikerok dulu dikira masuk angain gitu

    udah nggak tahan baru ke rumah sakit kita temui biasanya peristaltiknya udah hilang. Jadi saya

    bilang........ habis

  • 7 menit ke-3 (erik)

    Tatalaksana Perforasi Gaster Pembedahan

    1. Pada pembedahan, gaster yang berlubang akibat terjadinya ulkus ataupun perforasi

    biassanya akan dibuat luka baru, karena luka akibat patogenesis penyakit tidak

    beraaturan bentuknya. Setelah gster itu dijahit, barulan diambil omentum terdekat

    dan di jahit disebelah luarnya untuk men-double-in penutupnya.

    Tatalaksana Perforasi Gaster Non-Pembedahan

    1. Pada kasus-kasus yang mengarah pada peritonitis akut, misalnya APP, ileus

    maupun perforasi gaster... maka pasien langsung dipuasakan, lalu pasang infus

    dengan abocath (jarum infus) yang besar danpasang DC (dower cateter)

    2. Tujuan dipuasakan: makanan tidak bisa masuk melalui jalur oral, Menghitung

    Balance Cairan untuk persiapan operasi dan rehidrasi.

    3. Pada penggunaan NSAID jangka panjang biasanya akan terjadi perforasi gaster,

    dan bukan perforasi ileum. Hal ini karena NSAID akan dipecah terlebih dahulu

    dilambung.

    4. sebenarnya pada pasien peritonitis, gejala sudah timbul sejak lama, namun karena

    kebiasaan pasien yang mengabaikannya sehingga ketika datang kepada kita sudah

    dalam keadaan nyeri yang sangat amat.

  • 7 menit ke-4 (danang)

    Pasien ini sudah lama nyeri tapi hilang timbul. Pasien dikira maag masuk angin. Sampai kesakitan

    karena sudah bocor pun masih di kerokin dan di kira angin duduk, sehingga kalau dah difus dia

    peritonitis lewat dari golden periodnya, jatuh dia dalam kondisi sepsis. Abis angin duduk terus mati,

    kan dikira gitu. Padahal kalau di operasi secara teori dia akan baik. Jadi sebenarnya riwayatnya sudah

    lama (riwayat gastritis). Nah kejadian itu bisa mendadak. Ketikan pecah bocor lubang itulah sakit

    sekali, keluar cairan zat kimia dg segala apa yg ada isi di lambung wah udah sakit bangt peritonitis.

    Seperti itu.

    Pasien perforasi, pertnyaan hiski.

    Kita bersikan pada operasi karena perforasi baik gaster / app itu stelah kita selesai menjahit

    lubangbya kita cuci cavum abdome dengan Nacl bisa 2-3 liter sampai bersih, pun harus kita pasang

    dryness di cavum abdomen kalau dari kita nyuci takutnya ada sisanya supaya keluar. Yg penting kita

    nyuci harus bersih dan nyucinya tidak hanya disitu karena kemungkina cairan turun ke bagian bawah

    cavum abdomen. Sehingga kita harus bersihkan. Kenapa? Karena jika tidak fibrin2 yang tadi akan

    menimbulkan perlengketan. Kalau usus lengket maka akan tertekuk dan kemudian jadi ileus. Biansya

    ileus karena adesi.

    Untuk pemasangn kateter secra wajar ukuran org indonesia adalh 16. Laparatomy explorasy repair

    gaster biasanya ditambah omentektomy. Untuk menempelkan supaya cepat menempelnya karena

    berfungsi bisa autoimun juga. Kok cowok semua... ceweknya pada tidur.....

    Jadi gini, dari anamnesis kita bisa tau kok. Umunya perforasi gaster itu terjadi pada orang tua kalau

    karena penyakit loh ya.. riwayat minum NSAI jamu dll.. kalau app semua umur. Kamaren ada anak

    kecil umur 6-8 thn perforasi, kondisi datang peritonitis. Itu kadang yg bisa keliru karena anak kecil

    tdak kooperatif, jadi harus teliti. Dari lab tak menentukan dia gaster atau yang lain , karena hanya

    leukositnya biasanya naik tinggi diats 15.000. nah dari riwayat , foto polos bisa. Riwayat biasanya

    anamnesis lebih dipertajam. Kemudian pemeriksaan fiik bisa, distensinya biasanya lebih diatas. Sama

    nanti waktu ileus juga.

  • 7 menit ke-5 (deska)

    28-35

    Apendiks pin pointnya khas sekali ini merupakan porforasi yang khas pada APV. Porforasi ini

    biasanya terjadi pada laki-laki tua, kecual porvorasi gasternya ini karena luka tusuk atau jatuh dari

    motor. Pada kasus ini ditemukan jejas pada